by

Peta Jalan Menuju Sukses

Peta Jalan Menuju Sukses

Berhenti berkumpul, bukan berarti befhenti berpikir. Kita menghadapi fenomena besar perubahan sistem kehidupan yang sudah tidak bisa di bendung. Ini menjadi kendala besar bagi orang-orang jumud yang tidak mau berubah dan tidak mau berpikir. Sebaliknya, kondisi ini bisa jadi peluang besar bagi sebagian orang-orang kreatif.

Anis Matta mengatakan, kini dunia memasuki gelombang ketiga peradaban. Kita dituntut untuk berani menentukan peta jalan.

Peta jalan adalah arah perjuangan yang berkaitan erat dengan konektivitas dan jejaring.

Peta jalan adalah arah perjuangan dalam perubahan zaman yang begitu cepat bagai gelombang. Peta jalan adala kompas kehidupan.

Manusia indonesia yang mampu memiliki peta jalan yang jelas, maka dia akan menjadi pemenang dalam pertarungan.

Beverapa ciri manusia pemilik peta jalan diantaranya akan berkarakter sebagai arsitek.

Arsitek akan mampu mengelola dirinya untuk menyeimbangkan antara sumberdaya dengan tujuan hidupnya. Semua potensi akan digunskan secara optimal dalam mencapai cita-cita dan harapannya. Manusia indonesia ini, akan berkolaborasi dengan seluruh potensi yang ada, terbuka, dan berjiwa merdeka. Bukan menjadi penindas dan otoriter.

Karakter manusia indonesia era gelombang ketiga berikutnya adalah memiliki kreativitas. Kreasi-kreasi akan dilahirkan. Seluruh potensi jejaring akan dimanfaatkan. Kondisi ini akan mengangkat kualitas manusia indonesia yang mampu berprestasi psda level yang lebih tinggi.

Sifat berikutnya, sebagai manusia indonesia harus mdmiliki jiwa eksperimental. Siapa manusia indonesia yg berjiwa eksperimental? Mereka adalah yang memiliki pola pikir terbuka dan berani mengambilbresiko. Keberanian ini akan melahirkan perubahan di masyarakat.

Yang terakhir, manusia indonesia gelombang ke tiga mestilah kreatif. Kreatifitas ini akan melahirkan keberanian untuk memulai ketika semua orang berhenti. Kreatifitas ini akan mengusir ketakutan untuk menemukan kegagalan. Kreatifitas menunjukkan kehidupan sejati, dimana keneranian muncul ketika semua orang ketakutan dan terintimidasi.

Perubahan adalah keniscayaan. Keberanian berpikir, terus berubah, dan berani memulai, akan membawa kita pada level manusia indonesia yg memiliki peta jalan yang jelas.

Jamiludin Hidayat
Aktivis Sosial

Kategori Terkait